Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Banyak Penjualan

Sebagai pebisnis atau pengusaha, tidak peduli sebesar apa perusahaan yang sudah kita miliki, kita tetap bertopang pada penjualan yang memegang peranan penting bagi kesuksesan bisnis kita tersebut. Dengan pentingnya penjualan bagi kelangsungan hidup bisnis yang kita jalankan, maka kita akan terpacu untuk menciptakan penjualan sebanyak mungkin.

Sayangnya, banyak diantara kita yang belum mengetahui bagaimana cara meningkatkan penjualan tanpa menambah jam kerja kita. Kebanyakan dari kita beranggapan bahwa jika kita hendak menciptakan banyak penjualan maka kita harus bekerja lebih keras bahkan hingga larut malam dan mengorbankan banyak waktu yang harusnya bisa kita gunakan untuk mengerjakan hal lain.

Menciptakan lebih banyak penjualan itu bukan berarti menjual lebih keras tetapi yang harus kita lakukan adalah melakukan penjualan dengan cara yang cerdas, efektif dan efisien hingga penjualan tersebut terjadi dengan sendirinya tanpa menyita banyak waktu

Bagaimana caranya?

1. Bicarakan Manfaat Produk
Kebanyakan dari kita ketika menawarkan produk kita maka kita akan menyebutkan produk tersebut sebagai bendanya. Karena terfokus pada bendanya baik itu bentuknya, warnanya, variasinya atau keanekaragamannya, kita menjadi lupa untuk membicarakan manfaat dari produk tersebut. Padahal, untuk menciptakan penjualan yang lebih banyak, yang harus kita lakukan pertama kali adalah mengungkapkan manfaat dari produk tersebut terlebih dahulu. Pelanggan akan lebih tertarik pada produk yang memberikan manfaat bagi mereka daripada banyaknya warna yang dimiliki oleh produk tersebut.

2. Pengelompokkan Pelanggan
Kebanyakan dari kita beranggapan bahwa pelanggan yang terlihat potensial akan memberi harapan terciptanya penjualan besar. Tapi hal tersebut tidak selalu benar. Pelanggan yang terlihat potensial belum tentu mau membeli produk yang kita tawarkan apalagi jika mereka belum pernah melakukan transaksi sama sekali dengan kita. Akhirnya kita hanya menghabiskan waktu dengan orang yang belum tentu membeli produk kita sementara di luar sana masih ada banyak pelanggan lain yang akan melakukan pembelian terhadap produk yang kita tawarkan. Langkah yang paling baik adalah melakukan pengelompokkan terhadap pelanggan terlebih dahulu. Pelanggan yang sudah pernah melakukan pembelian di masa lalu sebenarnya lebih memiliki kemungkinan untuk kembali membeli produk pada kita selama mereka merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan.

3. Time Is Money
Waktu adalah uang. Ungkapan ini ada benarnya karena baik waktu yang kita miliki maupun waktu yang dimiliki oleh para pelanggan kita sangatlah berharga. Penjualan dapat dikatakan sukses jika kita berhasil menjual produk yang dibutuhkan pelanggan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Yang harus kita lakukan adalah mengetahui dengan cepat apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, memberikan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, mencari kecocokan dengan singkat, melakukan penjualan dan segera mengakhirinya dengan manis lalu melanjutkan perjalanan ke pelanggan berikutnya. Dengan cara ini maka pemborosan waktu dapat kita hindari. Dan waktu yang berharga tersebut akan mampu membantu kita menciptakan lebih banyak penjualan sesingkat-singkatnya.

4. Pentingnya mendengarkan
Jika kita terlalu banyak berbicara, maka kita tidak akan mengetahui dengan mudah apa yang dibutuhkan pelanggan dan biasanya penjualan pun akan sangat sulit tercipta. Lain halnya jika kita lebih banyak mendengar maka akan ada banyak sekali informasi yang akan kita dapatkan mengenai kebutuhan pelanggan tersebut. Apalagi jika kita sudah terlatih mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mampu menemukan kapan saat yang tepat kita menjual produk kita. Dengarkanlah pelanggan dan kita akan dapat menciptakan penjualan lebih banyak dan lebih besar daripada yang kita bayangkan.

5. Kurangi Pekerjaan Administrasi
Sebagai pemilik bisnis, tidak dapat kita pungkiri bahwa kemajuan bisnis yang kita jalankan tergantung bagaimana kita mengelolanya. Pengelolaan suatu bisnis tidak hanya menyangkut keuangan dan penjualan namun ada banyak sekali yang harus kita kelola dengan baik termasuk urusan administrasi. Jika kita berkutat terlalu banyak diadministrasi maka waktu kita untuk menjual produk akan hilang dan akhirnya penjualan tidak akan pernah terjadi. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa menyerahkan pencatatan administrasi pada orang yang kita percaya dn memiliki kemampuan untuk itu, sehingga kita bisa lebih fokus untuk menciptakan lebih banyak penjualan dengan cara yang cerdas.

6. Tangani Lebih cepat
Tangani penjualan dengan cara cepat dan tangkas tanpa membuang banyak waktu. Maksudnya adalah ketika pesanan pembelian dari pelanggan telah kita terima maka lakukan penanganan pada pesanan tersebut sehingga pesanan itu dapat segera dikirimkan kepada pelanggan. Pelanggan yang puas akan pelayanan yang kita berikan maka tidak menutup kemungkinan mereka akan melakukan pembelian berikutnya dalam jumlah yang lebih besar. Namun harus tetapi diingat adalah dengan pelayanan yang cepat, kualitas juga harus tetap terjaga dengan baik.

7. Tangkap Ikan Besar
Coba bandingkan bagaimana hasil penjualan yang kita dapatkan antara menjual kepada sepuluh pelanggan yang melakukan pembelian sebanyak seratus ribu dengan satu pelanggan yang melakukan pembelian senilai satu juta rupiah. Waktu yang kita butuhkan akan lebih efisien ketika kita berhasil melakukan satu penjualan dengan nilai yang besar. Jika ada sepuluh pelanggan yang melakukan pembelian sebesar satu juta rupiah dalam satu hari, jelas akan terlihat bedanya. Karena itu, juallah sebanyak mungkin produk pada pelanggan yang mampu melakukan penjualan lebih banyak daripada kita menjual sedikit produk pada banyak pelanggan.

8. Tentukan Prioritas
Kita harus mampu menentukan prioritas dalam kegiatan penjualan yang kita lakukan setiap hari. Skala prioritas ini sangat penting karena dengan skala prioritas maka kita akan lebih mengutamakan penjualan-penjualan besar daripada sepuluh penjualan kecil. Skala prioritas juga menjadi kompas dalam menentukan langkah yang akan kita ambil serta menjadi panduan bagi kita untuk memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien

Artikel Lainnya